idul adha 1431 H :)


Allahhuakbar..allahhuakbar..allahhuakbar..

berasa idul fitri baru kemarin, tapi sekarang udah dipertemukan dengan idul adha. Ternyata benar kata orang, gak ada yang pernah menyaingi kecepatan waktu!

IDUL ADHA 1431 H = 17 november 2010

” Idul Adha yang merupakan hari raya besar kedua umat islam setelah Idul Fitri, banyak orang mengenalnya dengan hari raya kurban, karena hari ini merupakan kesempatan kita sebagai umat islam menyisihkan sebagian rezeki untuk berkurban, baik dalam bentuk hewan kurban berupa kambing/ domba dan sapi..

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan sholat bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan dzulhizah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. “

Idul adha yang benar-benar gak biasa, dari awal penentuan hari yang sempat membuat bingung semua orang, krn baru kali ini terjadi perbedaan keyakinan dalam penentuan hari pelaksanaannya.. Arab melaksanankaannya hari selasa kemarin, tapi Indonesia berkeyakinan untuk melaksanakannya hari ini! Hey! gw sebagai rakyat sukses dibikin bingung, menurut gw perbedaan ini bisa mencoreng nama islam dimata dunia yang notabene terkenal dengan kekuatan persatuannya.. tapi ya mau gimana lagi😦

sebagai warga negara yang baik dan menghormati pemerintah, alhasil gw ngikutin keputusan pemerintah untuk berlebaran di hari ini, rabu 17 november 2010..

kali ini idul adha tahun kedua yang harus gw rayakan sendiri, tanpa orang tua, tanpa masakan ibu, dan yang pastinya tanpa kebersamaan yang sangat luar biasa🙂

dan ini idul adha pertama dimana kami ber empat terpisah-pisah :

  • gw dibandung, idul adha layaknya anak kosan, tanpa ketupat, dan saat-saat idul adha berasa selesai bersamaan selesainya sholat ied.
  • kakak di korea, idul adha sehari lebih dulu ketimbang indonesia..
  • ayah-ibu di bontang, dengan rutinitas seperti biasa.. sholat ied berdua🙂

denger takbir dari mesjid sekitar sukabirus, jadi rasanya pgn nangis.. inget ayah yang biasanya jadi temen gw takbiran keliling kompleks, inget ibu yang memilih takbiran dirumah karena sibuk berkutat dengan masak memasak untuk hidangan besoknya. Belum lagi hiruk-pikuk pagi-pagi sebelum sholat ied. Biasanya saking ramenya orang yang berbondong-bondong, ayah terpaksa harus parkir jauh dan kemudian dilanjutkan jalan kaki jejer empat menuju mesjid.

—————————————————————————————————————————————————————————————-

tapi alhamdulillah, telfon pagi ini bisa ngebuat gw ngerasa bahwa ini tantangan yang emang harus gw hadapi.

sedikit obrolan via telfon di pagi ini :

ayah : ” harus semangat kuliah, adek harus tegar, ip nya harus bisa ningkat yah! supaya bisa nerusin ayah kerja di PKT”

gw : “duh ayah ngomongnya udah kayak disinetron aja, bawa bawa tegar segala.. hehe

adek gak mau di PKT yah! adek mau ditempat lain aja yaa..”

ayah : ” iyah, yang penting adek belajarnya sungguh-sungguh.. sholat sama ngaji nya jangan lupa ya!”

gw : ” siap yah!”

ayah : ”  ini ayah dapat jatah daging panitia kurban, udah disimpen ibu katanya mau dibuat rendang untuk adek. Oiya, akhir desember ntar ayah kontrol kejakarta, adek liburnya kapan, kalau libur mampir di jakarta ”

obrolan terus berlanjut dan intinya persentase gw ke jakarta kecil, karena desember udah masa-masanya ribet dengan persiapan uas😦

obrolan singkat tersebut emang sepele, tapi efeknya dahsyat, gw ngerasa dapat magnet yang luar biasa buat stop mengeluh!

dan yang paling membuat gw ngerasa beruntung, gw bisa dapetin itu setiap pagi walaupun cuma sebatas telfon😀

HAPPY IDUL ADHA🙂🙂🙂

1 comment
  1. me said:

    give me now

Tinggalkan Balasan

